Rabu, 21 Januari 2009

Mariah Carey kalahkan 50 cent

Kapanlagi.com - Penyanyi Mariah Carey dalam comeback terbesarnya di dunia musik pop telah mengungguli bintang rap 50 Cent dalam perang akhir tahun memperebutkan predikat album paling laris pada 2005.

Album Carey yang dinominasikan untuk meraih Grammy, "THE EMANCIPATION OF MIMI, merayap naik ke urutan pertama untuk tahun ini dengan penjualan mencapai 290.000 kopi dalam pekan yang berakhir 25 Desember.

Jumlah ini mengangkat total penjualan albumnya selama 37 pekan menjadi 4,87 juta kopi, pelacak eceran Nielsen SoundScan melaporkan Rabu, sebagaimana dikutip Reuters.

Bila MIMi tetap diburu orang selama periode belanja pasca-Natal, Carey akan menjadi artis solo wanita pertama yang koleksinya keluar sebagai album paling top 2005 sejak Alanis Morisetta pada 1996 dengan JAGGED LITTLE> PILL.

50 Cent merosot ke posisi kedua untuk 2005 setelah albumnya THE MASSACRE membukukan penjualan 30.000 kopi pada pekan lalu, sehingga total penjualan albumnya selama 43 pekan mencapai 4.83 juta kopi, kata Nielsen SoundScan.

Keberhasilan MIMI menandai kebangkitan dramatis Carey, 35 tahun, yang karirnya merosot pada empat tahun lalu.

Raksasa musik EMI Group Llc membayar Carey hampir US$ 30 juta untuk membeli kontraknya senilai US$ 80 juta pada Januari 2002 menyusul kegegalan komersial GLITTER, soundtrack untuk debut filmnya dan rilis pertamanya dari Virgin Records.

Secara keseluruhan penjualan album untuk pekan yang berakhir hari Natal mencatat kenaikan sebanyak 2% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, menyusul penurunan dua digit selama tiga pekan berturut-turut, demikian menurut SoundScan.



0 komentar: